Sewa Mobil Madiun, Rental Mobil Elf, Hiace di Madiun

Jasa Sewa Mobil Madiun Terpercaya

Jawa Transport Sewa Mobil Madiun adalah Perusahan Jasa sewa mobil di madiun murah ,terbesar dan terbaik dalam hal pelayanan baik sopir ataupun mobilnya. Selain terbaik kami adalah rental mobil di madiun dengan harga murah tetapi bukan dengan layanan asal asalan. 
Sewa mobil madiun Jasa persewaan Mobil di madiun menawarkan penyewaan kendaraan dengan harga yang murah kompetitif dan selalu mengutamakan kwalitas pelayanan kepada Pelangan baik perseorangan maupun perusahaan. 

Mobil Sewa Kondisi Prima 

Dengan kondisi mobil ber AC dingin dan selalu bersih baik interior dalam ataupun luar dan bebas dari bau rokok serasa anda berada dalam mobil pribadi anda, selain itu kita banyak pilihan mobil, mulai dari city car, minibus ataupun sewa bus pariwisata seperti toyota yaris, avanza, innova, hiace, apv, sewa isuzu elf madiun long. Sewa mobil madiun kami memiliki mobil sewa yang semuanya dalam kondisi siap untuk menunjang semua jenis event atau usaha bisnis anda. Semua juga dalam kondisi bersih, harum dan terawat karena kami selalu melakukan service yang berkala dan teratur dari semua jenis mobil yang kita miliki. Bahkan sebagaian untuk jenis mobil tertentu seperti mobil Avanza, Innova, Elf tahun pembuatanya masih baru. 

Reservasi Sewa Mobil Mudah

Dengan persyaratan mudah tidak rumit. Proses reservasi yang mudah dan ramah adalah salah satu keunggulan kami dalam melayani anda. 
Beragam Paket Sewa Mobil di madiun kami Mulai Harga Rp 350.000 lengkap sopir Layanan harga kami sangat fleksibel untuk solusi transportasi perjalanan anda, baik perjalanan bisnis, perjalanan keluarga maupun wisata. 
Beberapa pilihan paket sewa mobil bisa anda cek di daftar promo. Kami melayani sewa mobil untuk bulanan ataupun perusahaan baik harian ataupun mingguan.
Rental mobil madiun Untuk Melayani Semua Jenis kebutuhan anda yang berhubungan dengan Jasa Sewa Mobil Kami Online 24 Jam Full. Silahkan sampaikan semua baik berupa keluhan tentang pelayanan yang kami berikan maupun tambahan unit atau waktu penyewaan jikalau itu memang ada dan perlu. Kami siap sepenuhnya. 

Sewa Mobil Bandara

Untuk sewa mobil di bandara kami juga siap sewaktu waktu untuk shuttle, drop off baik dari bandara ataupun hotel di madiun. 

Sewa Mobil Stasiun Madiun

Kami juga melayani antar jemput tamu dari stasiun kereta api madiun menuju berbagai kota tujuan sesuai permintaan anda . Dengan layanan sewa mobil kami yang tanggap dan responsif membuat Jawa Transport Rent Car menjadi salah satu pilihan terbaik untuk keperluan antar jemput tamu di stasiun kereta api madiun

Sewa Mobil Perusahaan / Bisnis

Sewa mobil madiun kami ada beberapa paket sewa mobil kami yang memberikan discount di sesuaikan dengan jenis kontrak. Discount ini berlaku untuk jenis mobil sewa bulanan untuk perusahaan tertentu dan juga waktu penyewaan sangat mempengaruhi untuk diskon .

Harga Sewa Mobil 

Harga sewa yang murah tidak akan menurunkan kwalitas pelayanan terhadap semua pelangan.kami selalu profesional dalam waktu dan Harga. Karena kami benar-benar tahu apa arti Pelayanan kepada pelangan khususnya dalam hal Jasa sewa mobil di madiun.
Sebagai perusahaan yang menjual jasa, kami terus berinovasi meningkatkan layanan dan kualitas unit kami. Hal ini tentu untuk mengembangkan tujuan kami untuk menjadi sebuah perusahaan rental mobil madiun yang besar yang sesuai dengan Visi dan Misi kami. Efisiensi dan produktifitas yang berkualitas merupakan implementasi yang terus kami lakukan. Dengan landasan yang kokoh, aset yang prospektif, SDM yang kompeten serta manajemen yang solid dan amanah, kami yakin Sewa Mobil Madiun akan terus tumbuh secara berkelanjutan. 

Wisata Kuliner Ponorogo murah meriah : Sewa Mobil Ponorogo

Nasi Bungkus Mbah Kakung

Begitu kami biasa menyebutnya. Belum sempat tanya juga nama bapak satu ini. Beliau setiap pagi menjajakan dagangannya berupa Nasi Bungkus dan Gorengan. Sekitar jam 07.30 bapak satu ini sudah siap melayani pelanggannya di seputaran selatan Terminal Lama Ponorogo. Tepatnya di Jl. Basuki Rahmat – di Trotoar depan perumahan Kodim Ponorogo. Pas di depan SMPN 2 Ponorogo.
Hanya dengan peralatan seadanya. Satu meja kecil untuk tempat Nasi bungkus dan gorengan juga teh hangat. Ada dua macam Nasi Bungkus yang disajikan. Yaitu Nasi Kering dan Nasi Pecel. Harganya pun juga cukup murah. Hanya tiga ribu saja satu bungkusnya. Aneka gorengan ada tempe, lentho juga piya-piya hanya limaratusan dan segelas teh hangat dihargai seribu rupiah.
Untuk makan ditempat kita hanya disediakan beberapa “Dingklik” kecil yang terbuat dari kayu. Tanpa meja, tanpa peralatan lainnya. Namun sensasi makan ditempat sesederhana ini bareng orang-orang kecil seperti tukang becak, kenek angkodes, dan para pedagang pasar sangat-sangat nikmat rasanya.

Monggo…
Buat para pemburu kuliner… Nasi Bungkus nya Mbah Kakung ini bisa jadi tujuan berWisata Kuliner berikutnya. Dan rasakan sensasi nikmatnya makan beralaskan dingklik di trotoar bareng warga masyarakat yang kebanyakan dari ekonomi menengah ke bawah.

Soto Ayam Pak Anas

Salah satu menu andalan masyarakat Ponorogo untuk sarapan selain nasi pecel adalah Soto Ayam. Menikmati hangatnya soto ayam di cuaca pagi yang cukup dingin memang menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Itu yang mungkin jadi inspirasi bagi para pengusaha untuk membuka Warung Soto Ayam di pagi hari. Dan hasilnya saat ini Warung Soto Ayam cukup menjamur di Ponorogo.
Soto Ayam Pak Anas salah satunya. Berlokasi di jalan Lawu (Belakang Radio Gema Surya) buka mulai sekitar jam 07.00 pagi. Warung soto ini hampir tidak pernah sepi dari pembeli. Apalagi kalau hari minggu. Kita harus antri untuk sekedar mendapatkan tempat duduk. Selain rasa khas soto ayam yang segar, harga yang diterapkan di Warung Soto Pak Anas ini cukup murah. Hanya Rp.3.000,- saja seporsinya. Aneka lauk juga siap mendampingi kita dalam menikmati citarasa segar Soto Ayam Pak Anas. Ada perkedel kentang, sundukan ayam, brutu, kerongkongan, tempe, rempeyek dll. Harga lauknya juga terbilang murah. Perkedel kentang cuma lima ratus perak. Sundukan ayam dua ribu, kerongkongan juga dua ribu dan masih banyak lauk lainnya.
Kebetulan juga Warung Soto Pak Anas ini bersebelahan dengan Warung Kopi. Sehingga kita juga bisa memesan aneka wedang sebagai pelengkap sarapan kita. Ada aneka gorengan dan jajanan juga.
Warung Soto Pak Anas ini bisa dijadikan salah satu tujuan sarapan kita dipagi hari. Selain rasanya yang segar, harga nya juga ga menguras kantong. Murah meriah euy….

Dawet Jabung Ponorogo

Dawet… Minuman bersantan dengan isian sejenis cendol dengan sirup gula merah dan beberapa isian pendamping seperti tape ketan, nangka dan gempol. Gempol adalah sejenis bahan isian berbentuk bulat yang dibuat dari tepung beras.
Dengan adanya gempol ini, maka selain sensasi segar saat minum dawet ada juga rasa kenyang di perut. Dalam penyajiannya dawet juga sedikit menggunakan air garam untuk memunculkan rasa gurih. Mangkok yang digunakan untuk menyajikannya pun tidaklah seperti mangkok kebanyakan. Ada bentuk mangkok khusus yang biasa dipakai untuk Es Dawet Jabung ini.
 Ada beberapa cerita unik seputar Es Dawet Jabung ini. Dulu semasa kecil Es Dawet termasuk minuman yang tidak terjangkau oleh kalangan masyarakat yang tergolong miskin. Dan ketika anak meminta dibelikan Es Dawet Jabung ini maka orang tua biasa berkata “Ojo jajan es dawet… Bakul’e leh meresi santen nganggo kathok” (Bahasa Jawa) yang artinya kurang lebih ” Jangan jajan es dawet… Penjualnya kalau memeras santan pakai celana”. Kontan saja anak-anak ini akhirnya ga jadi minta es dawet. Mereka pikir yang digunakan saringan saat memeras santan adalah celana. Padahal hanya akal bulus para orang tua supaya anaknya tidak minta dibelikan es dawet karena memang keterbatasan ekonomi. Dan setelah dewasa baru nyadar. “Lha yen meresi santen ra nganggo kathok opo arep wudo ?” Hahahahaha… Kalau memeras santan ga pake celana apa bugil ? Hahahahaha… Orang jaman dulu memang cerdas dalam menyikapi dan mensiasati perekonomian yang kurang. Hehehehehehe…

Selain itu juga ada cerita unik lainnya seputar Dawet Jabung ini. Penyajian Es Dawet Jabung menggunakan mangkok kecil yang diletakkan pada lepek. Namun saat penjual menyodorkan mangkok dawetnya kita hanya boleh mengambil mangkoknya saja. Tidak dengan lepeknya. Jika sampai kita mengambil lepek dan si penjual juga memberikan lepek tersebut maka si pembeli boleh mempersunting/memperistri si penjual tersebut.
Para pedagang Es Dawet Jabung memang cukup terkenal cantik-cantik. Namun sangat jarang terdengar ada yang memberikan “Lepek” tersebut kepada pembeli dawet.

Soto Ayam Kampung – Mbak Us

Soto ayam kampung khas Ponorogo. Kuah sotonya bening seger tanpa santan. Dipadu dengan isian soun, irisan kol, kentang goreng dan bawang goreng. Bagi yang suka telor rebus bisa request plus telor. Cukup dengan harga Rp.6.000/porsi kita sudah bisa menikmati semangkuk Soto Ayam Kampung Asli Khas Ponorogo. Aneka lauk juga siap mendampingi menu sarapan kita. Ada perkedel kentang, sundukan/sate, rempeyek, tempe goreng dll. Buka setiap hari mulai jam 06.00 pagi warung Soto Ayam Kampung mbak Us siap memanjakan lidah kita dengan Soto Ayam Kampung nya.
Buat yang kurang suka sama menu Soto Ayam di Warung Soto Ayam Kampung mbak Us juga menyediakan menu Nasi Pecel. Sambal khas pecel Ponorogo yang memang berbeda dengan sambel pecel daerah lain akan menambah nikmatnya sarapan kita. Lauk andalan untuk Nasi Pecel nya adalah Tempe kepleh. Mak nyuzz tenan…
Warung Soto Ayam Kampung mbak Us berlokasi di jalan M.T.Haryono – Utara perempatan tambak bayan. Barat jalan – selatannya perempatan jalan kalimantan.
Monggo…
Bagi penyuka Soto Ayam Kampung dan Nasi Pecel
Warung Soto Ayam Kampung mbak Us bisa jadi tujuan berwisata kuliner anda berikutnya…

Bakso Berkah Ponorogo

Bakso merupakan salah satu menu Favorit anak muda di segala penjuru nusantara. Hampir di setiap kota pasti ada yang namanya Bakso. Dan setiap kota memiliki cita rasa khas baksonya masing-masing.
Ada Bakso Malang, ada Bakso Wonogiri, Ada Bakso Solo dan masih banyak Bakso citarasa khas kota masing-masing.
Nah… Saat ini di Ponorogo juga lagi booming yang namanya Bakso Berkah Ponorogo. Berlokasi di jalan Juanda Timur – Barat Perempatan Jeruksing, Bakso Berkah tidak pernah sepi pelanggan. Selain rasanya yang memang nikmat, Bakso Berkah juga menyediakan aneka varian bakso. Antara lain :
Bakso Rudal – Bakso Jumbo Besar – Bakso Jumbo Sedang –
Bakso Mercon – Bakso Telor Asin – Bakso Telor Puyuh – Bakso Ati Sapi.
Selain Bakso dengan aneka varian, di Bakso Berkah juga menyediakan Mie Ayam, Mie ayam Bakso dan Mie Ayam Ceker. Harganya cukup terjangkau bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Cuma kalau kita mau makan di Bakso Berkah, kita harus sabar menunggu antrian. Kalau memang ga mau ngantri, Bakso Berkah juga melayani Delivery Order. Menggunakan jasa Kurir Ponorogo.
Bakso Berkah Ponorogo siap melayani para pelanggannya mulai jam 11 siang sampai jam 9 malam.
Monggo buat para penggemar Bakso dan Mie Ayam. Pinarak ke Bakso Berkah Ponorogo
Alamat :
Jl.Ir.H Juanda timur POM Bensin Jeruksing.
Sebelah bengkel Ahass. ( Selatan jalan )
(Perempatan jeruksing ke barat )

Oseng Fosil Ayam – Kang Joe Ponorogo

Seperti diketahui para penggemar kuliner bahwa salah satu kuliner khas kota Ponorogo adalah Sate Ayam Ponorogo. Sate Ayam Ponorogo cukup terkenal kelezatannya. Bahan yang digunakan untuk produksi Sate Ayam Ponorogo biasa menggunakan daging ayam, kulit, dan jeroan seperti ati dan ampela. Namun bagian ceker, kepala dan tulang ayam untuk beberapa produsen memang sengaja tidak digunakan dan dibuang. Meski ada beberapa produsen sate ayam tetap menggunakannya sebagai sate tangkar.
Dari sini muncul ide untuk memanfaatkan “Limbah” sate ayam yang berupa tulang, kepala dan ceker untuk dimasak menjadi satu menu kuliner baru di kota Ponorogo. Kang Joe Ponorogo sempat mengolah “Limbah” Sate Ayam ini menjadi satu masakah yang cukup booming di Ponorogo. Balungan ayam utuh satu ayam dimasak menggunakan bumbu rempah tradisional nusantara dengan cita rasa pedas manis yang beliau namakan sebagai menu Oseng Fosil Ayam. Penyajiannya juga disesuaikan dengan selera pembeli. Tersedia dalam tingkat kepedasan Level Paud (tanpa cabe), TK, SD, SMP dan SMA. Namun juga banyak pelanggan yang request sampai level Sarjana, Doktor ataupun Profesor.
Namun seiring berjalannya waktu, bahan untuk masakan Oseng Fosil Ayam ini semakin sulit didapat. Banyaknya permintaan dari para pemain baru terhadap “Limbah” sate ini membuat Balungan ayam semakin langka. Menu masakan berbahan “Limbah” sate atau balungan semakin menjamur dengan nama yang berbeda-beda.

Warung Makan – Depo Ijo

Berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo atau dulu biasa disebut Jalan Sriwijaya. Arah ke barat dari perempatan Pasar Legi.

Aneka menu tersaji cukup unik disini.

Yang jadi Favorit adalah Nasi Rawon. Berbeda dengan Rawon kebanyakan, Nasi Rawon di Warung Makan Depo Ijo tidak menggunakan Daging sapi. Tapi menggunakan “Jeroan Sapi” seperti Iso (Usus Sapi) dan Babat. Karenanya Nasi Rawon di Depo Ijo memiliki cita rasa yang khas yang tidak dijumpai pada masakan rawon lainnya. Tentu ini tidak disarankan bagi anda yang diet rendah kolesterol.

Selain Nasi Rawon, juga ada Nasi Sayur Kikil, Nasi Tahu Bumbu Kecap, Nasi Soto, Nasi Pecel dan Nasi Sayur. Pelayanan yang ramah tetap menjadi ciri khas Warung Makan Depo Ijo ini.
Meski sudah turun temurun beberapa generasi namun citarasa khas masakan Warung Makan Depo Ijo ini masih tetap seperti dulu.

Buat teman-teman yang mungkin lewat atau singgah di kota Reyog Ponorogo, Warung Makan Depo Ijo bisa jadi salah satu tujuan Wisata Kuliner anda.

Daftar Hotel di Ponorogo : Sewa Mobil Ponorogo

1. Gajah Mada Hotel Hall & Restaurant Ponorogo

Jl. Gajah Mada No. 56, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Free Wifi
Berlokasi di Jl Gajah Mada, Ponorogo. Gajah Mada Hotel menyediakan pelayanan yang ramah dan fasilitas modern. Kami menjamin masa menginap yang menyenangkan bagi para tamu dengan layanan kami yang personal dan berbagai macam fasilitas modern yang tersedia di hotel kami.

Harga Permalam
Rp 500,000
Rp 206,612

2. Juanda Hotel


Jl. Ir H Juanda 13 Ponorogo
Free Wifi
Hotel dengan harga terjangkau dan tempat strategis di kawasan Ponorogo. Dengan fasilitas yang memadai untuk menunjang kenyamanan semua tamu. Beragam fasilitas disediakan disertai pelayanan yang ramah akan menambah kenyamanan para tamu selama menginap.

Harga Permalam
Rp 227,273

3. Maesa Hotel

Jl. K.H.Ahmad Dahlan No.82A, Ponorogo, Jawa Timur
Free Wifi
Terletak strategis di Ponorogo, Maesa Hotel adalah hotel yang ideal untuk menjelajahi kota yang dinamis ini. Dari sini, para tamu dapat menikmati akses mudah ke semua yang ditawarkan di kota yang ramai ini. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses mudah ke destinasi yang wajib dilihat di kota ini.

Harga Permalam
Rp 700,000
Rp 311,570

4. Hotel Sankita Syariah

St. Ponorogo Pacitan No. 9, Ponororgo City, Indonesia
Free Wifi
Hotel Sankita merupakan Hotel Syariah pertama di kota Ponorogo. Berlokasi di jalan raya Ponorogo – Pacitan No 9 Madusari – Siman , yang merupakan acces sangat dekat dengan pusat kota dan hanya 5 – 10 menit menuju ke pondok modern islam di kota ini.Kami menyediakan sarana jika anda ingin berkeliling dikota Ponorogo.

Harga Permalam
Rp 353,000
Rp 291,736

Ponorogo kota sarat budaya yang penuh keajaiban : Rental Mobil ELF Ponorogo

Jawa Timur gak cuma punya pesona alam dan pantai yang luar biasa, kekayaan budayanya juga menarik untuk digali. Siapa yang gak kenal dengan kesenian reog, misalnya? Nah, Kabupaten Ponorogo adalah ibu dari pementasan tari yang mendunia ini.

Sebelum membahas reog lebih jauh, Hipwee ingin mengajak kamu berkeliling menjelajahi berbagai pesona lain yang dimiliki oleh Ponorogo. Keelokan apa aja sih yang tersembunyi di balik Kota Reog ini? Yuk, kita gali satu per satu.

1. Saat bertandang ke Ponorogo, kunjungi Telaga Ngebel yang menjadi salah satu ikon pariwisata kota ini

Telaga Ngebel / Foto: Heri Setiawan

Telaga Ngebel adalah danau alami yang terletak di kaki Gunung Wilis. Berada pada ketinggian 734 mdpl, kamu akan dijamu dengan permukaan air berwarna biru dengan udara yang sejuk di antara perbukitan. Dari pusat kota Ponorogo, kamu bisa mencapai tempat ini dengan menempuh jarak sekitar 30 Km atau sekitar 45 menit  ke arah Kecamatan Ngebel, bagian utara Kabupaten Ponorogo.

Pada tanggal 1 Suro, di telaga ini biasa diadakan tradisi larung sesaji oleh masyarakat setempat. Dalam acara larung sesaji ini ada dua jenis tumpeng raksasa yang akan dibawa ke depan publik. Pertama adalah tumpeng berisi beras merah, dan yang kedua adalah tumpeng berisi sayuran. Jika tumpeng berisi beras merah ini dihanyutkan ke telaga, tumpeng yang berisi sayuran akan diperebutkan oleh para warga. Kamu juga boleh lho ikut menyemarakkan acara “berebut berkah” ini.

Memilih untuk datang di hari-hari lainnya? Jangan kuatir kelaparan di tempat ini, karena sejumlah warung dengan menu andalan berupa ikan nila siap mengisi perutmu yang keroncongan.

2. Tak jauh dari Telaga Ngebel, ada air terjun Toyomerto yang tersembunyi

Air terjun Toyomerto

Dari Telaga Ngebel, cobalah blusukan kurang lebih 5 km ke arah Desa Pupus. Ada air terjun bernama Toyomerto, yang diambil dari nama dusun tempat air terjun ini berada. Air terjun yang dikenal juga dengan nama Selorejo ini bertingkat dua; masing-masing tingkatan tingginya 25-30 meter yang dinamai Selorejo Atas dan Selorejo Bawah.

Jalur menuju ke tempat ini cukup ekstrem. Berkelok-kelok, menanjak, curam dengan tebing di kanan-kirinya. Tapi, kesulitanmu sepadan kok dengan pemandangan yang kamu dapatkan di air terjun ini. Selain destinasi yang masih alami, kamu juga bisa melihat hutan pohon pinus dan kebun kopi di dekat sini.

3. Panorama serba hijau di puncak Gunung Bedes akan membuat mata kamu rileks

Pemandangan dari Gunung Bedes

Kalau kamu terbiasa menatap layar komputer seharian kayak penulis Hipwee, ada baiknya kamu sesekali merehatkan matamu dengan memandang yang hijau-hijau. Nah, pemandangan dari Gunung Bedes Ponorogo pas banget bikin mata kamu rileks lagi, sekalian menyegarkan kembali pikiran yang suntuk karena kebanyakan bekerja.

Gunung Bedes adalah sebuah bukit setinggi ±200 mdpl yang berada di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek, tepatnya di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko. Dinamakan Gunung Bedes karena tempat ini dihuni banyak bedes atau kera. Siapkan sepeda motor yang tangguh kalau ingin kemari, karena kamu harus melibas medan yang penuh tanjakan tajam.

4. Masih di Kecamatan Sooko, derasnya air terjun Pletuk yang membelah perbukitan bisa kamu abadikan dengan kameramu.

Air Terjun Pletuk

Gemuruh air yang jatuh dari ketinggian sekitar 40 meter bisa kamu nikmati di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, sekitar 30 km dari pusat kota. Air terjun bernama Pletuk ini mengalirkan air berwarna kecoklatan yang deras di saat musim penghujan. Berada di kawasan perbukitan yang tingginya sekitar 460 mdpl, kamu bisa menikmati panorama yang segar di sekeliling air terjun.

5. Berdiri dengan awan di bawah kaki juga bisa kamu lakukan di Ponorogo, tepatnya di Puncak Gunung Gajah

Samudera di atas awan dari Gunung Gajah, Sambit

Menjamahi puncak-puncak gunung memang sebuah adiksi. Pemandangan matahari terbit dengan awan di bawah kaki kita, ditambah siluet puncak gunung di kejauhan itu bikin deg-degan. Nah, kalau kamu menginginkan pemandangan serupa di Ponorogo, jelajahilah puncak Gunung Gajah.

Gunung Gajah terletak di Kecamatan Sambit dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Puncaknya tak terlalu sulit dicapai, bisa melalui jalan setapak yang cukup dilewati sepeda motor, meski medannya cukup menantang.

6. Kamu pun bisa bergaya ala Meteor Garden di bukit bintangnya Ponorogo: Puncak Pringgitan.

Puncak Bukit Pringgitan

Karena letaknya di tengah Jawa Timur, Ponorogo memang gak punya pantai. Tapi, sejumlah bukit dan gunung bakal bikin kamu terpesona dengan kota ini. Salah satunya, Bukit Pringgitan yang terletak di desa Caluk, kecamatan Slahung. Di sini, kamu bisa bergaya ala F4 di Meteor Garden, sambil memandangi city light kota Reog serta bintang-bintang yang bertaburuan. Jangan lupa siapkan jaket tebal untuk mengusir udara dingin.

7. Gagahnya perut bumi juga bisa kamu jelajahi. Untuk itu, masukilah Goa Lowo di Desa Sampung

Mulut Goa Lowo

Lowo artinya kelelawar. Dulunya, goa ini memang sarang kelelawar; dari situlah nama goa Lowo berasal. Kamu bisa menemukan goa yang terbentuk di cerukan bukit kapur ini di Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Untuk sampai di mulut goa, kamu mesti menembus hutan jati yang minim petunjuk. jadi, hati-hati jangan sampai kebablasan.

Lowo-nya memang sudah lama pergi, tapi goa ini masih menarik untuk didatangi. Apalagi tempat ini diketahui sebagai Abris Sous Roche, yakni goa yang dijadikan tempat tinggal manusia purba zaman Mesolithikum. Sampai sekarang, bekas galian arkeologi masih bisa kamu temukan di goa ini.

8. Di tengah kota, ada juga taman rekreasi yang jadi destinasi wisata favorit keluarga bernama Taman Wisata Ngembag

Taman Wisata Ngembag

Cukup berjalan ke arah timur sejauh 3 Km dari pusat kota Ponorogo, kamu bisa menemukan Taman Wisata Ngembag. Tempat ini adalah taman kota yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan wahana bermain, seperti kolam renang, taman bermain, dan kebun binatang mini. Makanya, banyak pengunjung yang membawa serta anak istrinya kemari untuk sekadar refreshing.

9. Ke Ponorogo, tentu belum lengkap kalau belum menyaksikan kesenian Reog andalan kota ini

Reog Ponorogo

Ya, Reog adalah kesenian yang sudah menyatu dengan nadi Ponorogo. Kesenian ini selalu dipentaskan di berbagai kesempatan, baik itu pernikahan, khitanan, hari-hari besar nasional, sampai sejumlah festival tahunan yang diadakan pemerintah Kabupaten Ponorogo. Ada Festival Reog Nasional, Festival Reog Mini Nasional, serta Pertunjukan pada Bulan Purnama yang biasanya diselenggarakan di alun-alun kota.

Penari Reog terdiri dari Jathil, Warok, dan Barongan atau Dadak Merak. Topeng Dadak Merak yang berupa wajah singa dengan kipas bulu merak beratnya bisa mencapai 50 kilogram dan hanya ditahan oleh kepala dan rahang penarinya. Gak jarang, penonton juga diajak duduk di atas kepala sang Barongan. Wow!

10. Ingin tahu bagaimana topeng Dadak Merak dibuat? Sambangi sanggar perajin Reog di Desa Carat Sumoroto

Etalase perajin reog

kalau kamu ingin tahu lebih detil tentang kesenian Reog ini, sambangi aja langsung pengrajin yang membuat peralatan kesenian ini. Salah satunya adalah sanggar milik Pak Sarju yang terletak di Desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman. Pak Sarju sudah menekuni pembuatan perlengkapan Reog selama lebih dari 40 tahun. Selain bisa melihat langsung proses pembuatannya, pastinya kamu juga bisa mendapat cerita menarik tentang kehidupan seniman reog.

11. Sebelum pulang, isi dulu perutmu dengan sate ayam khas Ponorogo yang dijajakan di Gang Sate — Kampung Sate Ayam di Ponorogo!

Sate ayam Ponorogo

Sejumlah warung sate ayam khas Ponorogo berderet di sepanjang gang ini. Memang, Gang Sate ini adalah sebuah kampung yang menjadi pusatnya sate ayam Ponorogo. Dari sekian banyak warung sate di gang ini, warung sate milik Tukri Sobikun adalah yang paling terkenal. Konon, beliaulah yang menjadi perintis menjual sate di tempat ini, sehingga akhirnya gang ini menjadi terkenal.

Seporsi sate yang terdiri dari irisan lontong dan seepuluh tusuk sate ayam ini dihargai 16 ribu rupiah. Dengan bumbu yang kaya rempah, dijamin kamu bakal ketagihan makan di sini.

Itulah sebagian sisi menarik dari Kota Reog yang patut kamu jajal saat berkesempatan mengunjungi Ponorogo. Apakah kamu punya tempat wisata lainnya di Ponorogo yang jadi favorit kamu?
Tanyakan saja ke Sewa Mobil Ponorogo – Jawa Transport

Selain Reog, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata Ponorogo yang bisa kamu kunjungi dengan tenang. Meski beberapa sudah terjamah ramai oleh para pelancong, seperti Goa Lowo dan sebagainya, sebenarnya masih ada loh beberapa surga tersembunyi di tanah Reog yang bisa kamu daftarkan dalam agenda perjalananmu

Buat kamu yang butuh vitamin A, karena kerjaanmu yang menyiksa mata, cobalah untuk menanjak ke Gunung Bedes.

Vitamin A!

Wisata pertama yang perlu kamu jamah ketika menjejakkan kaki di tanah Ponorogo adalah Gunung Bedes. Bukit ini berada di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek, tepatnya di Dusun Buyut, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko. Di puncak bukit setinggi 200 mdpl ini, matamu akan diremajakan dengan pemandangan serba hijau yang menyehatkan. Apalagi kalau setiap hari kerjaanmu memandang layar komputer! Beuh! Butuh banget vitamin A tuh!

Mampirlah ke Masjid Hill! Kamu akan sadar betapa manusia ini sungguh kecil dibanding dengan semesta ciptaan Tuhan!

Jangan terjun, ya! - @farizal_hakim

Terletak di desa Pandak Balong, Kecamatan Balong, Masjid Hill atau Gunung Masjid menjadi salah satu destinasi wisata yang masih belum ramai dikunjungi oleh para pelancong. Entah kenapa bukit ini dinamai Masjid Hill. Mungkin karena ketika kamu berada di puncaknya, kamu akan merasa bahwa Tuhan memang Pemilik Segalanya. Sehingga akan muncul kesadaraan atas dirimu sendiri bahwa manusia nggak ada apa-apanya di dunia ini. Masjid Hill, wahana penyerahan diri atas semesta. Mungkin.

Nah, di sini kamu bisa menikmati indahnya alam Ponorogo dan beberapa bukit mungil nan hijau seperti layaknya bukit Teletubies. Kira-kira butuh waktu hingga 40 menit untuk bisa mencapai puncaknya. Nah, buruan ke sana deh, mumpung masih sepi!

Buat kamu yang suka camping, coba deh ke Bukit Pare di desa Cepoko. Camping Ground asyik di Kota Ponorogo!

Mau camping? By @namihays

Terletak di desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, bukit ini memiliki trek yang cukup bikin berkeringat. Buat kamu yang belum pernah mendaki, mungkin perjalanan ini akan melelahkan. Ya, paling nggak ada 3-4 km jalan yang mesti kamu tempuh. Tapi, begitu sampai di puncaknya, kamu nggak akan merasa letih sama sekali! Sedikit deng. Kamu akan disuguhi pemandangan yang amazing! Hamparan rumput hijau yang sangat menggoda. Cukup recommended sih buat kamu yang pengin camping di sini.

Bebatuan raksasa yang menghiasi Air Terjun Sunggah. Mungkin kamu sudah nggak asing dengan wisata bahari satu ini.

Berpose di muka Air Terjun Sunggah, by @dodikreza

Mungkin air terjun ini sudah nggak asing buat kamu pecinta wisata bahari, khususnya penggila curug. Ya, inilah air terjun yang paling dicari di Ponorogo. Bahkan, Air terjun Sunggah yang terletak di desa Selur, Kecamatan Ngrayun ini menjadi indikator bagi masyarakat setempat bahwa musim kemarau telah tiba. Jadi, ketika dari perkampungan mulai terdengar suara gemericik air dari curug ini, berarti musim kemarau telah tiba.

Biar kata musim kemarau, Air Terjun Sunggah seolah nggak kehabisan air untuk mengaliri kehidupan berbagai jenis ikan yang tinggal di kolam bawahnya. Airnya yang jernih dan dingin, seolah menggoda siapapun untuk mengunjungi air terjun ini. Tertarik? Sini!

Air Terjun Kali Malang, sebuah air terjun yang hanya memiliki bebatuan di sekitarnya. Awas, licin banget!

Seru nih!

Terletak di desa Temon, Kecamatan Sawoo, daerah ini memiliki sebuah aliran air yang berasal dari sebuah air terjun yang sudah ramai dimanfaatkan masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari-hari. Yang unik dari tempat ini adalah bebatuan beraneka warna yang menghimpit aliran air dari curug Kali Malang. Bebatuan dengan berbagai ukuran ini menjadi pembeda dan penghias dari air terjun yang lainnya.

Satu lagi wisata bahari yang masih sepi pengunjung di Kota Reog. Air Terjun Mlaten, spot menarik untuk mengambil gambar unik.

View dari atas.

Kalau kamu bosan bermain di Air Terjun Kali Malang, cobalah mampir ke Air Terjun Mlaten yang nggak begitu jauh dari curug bebatuan itu. Di sini, kamu bisa menikmati aliran air terjun yang begitu menenangkan, dengan hamparan persawahan dan ladang yang menghijau. Air Terjun Mlaten ini juga jadi salah satu spot yang menarik untuk berfoto ria. Tapi ingat, curug ini masih terbilang perawan, jadi harap hati-hati kalau vakansi ke sini, ya.

Kedung Kenthus, sebuah sumber mata air berdinding bebatuan unik yang belum banyak terjamah manusia. Jangan ke sini kalau berniat mengotorinya!

Kedung Kenthus oleh @abusyiri

Wisata alam baru dari Ponorogo ini terletak di desa Jenangan, kecamatan Sampung. Letaknya cukup jauh dan sulit untuk menuju ke sini, kalau dari pusat kota. Karena spot ini belum terlalu ramai dieksplor oleh para wisatawan. Kedung Kenthus ini berbentuk seperti aliran sumber mata air yang nggak pernah kering meski musim kemarau. Aliran air ini menyerupai sebuah sungai yang memiliki panjang hingga 20 meter yang diapit dua tebing dengan dinding bebatuan yang nggak berarturan. Airnya hijau berkilat karena pantulan dedaunan yang merindanginya. Beberapa pelancong yang pernah ke sini lebih sering memilih selfie daripada mandi menyusuri aliran sungai ini. Tapi nggak sedikit kok dari mereka yang tertarik untuk nyemplung ke sumber mata air ini.

Kembali ke gunung, cobalah mendaki Gunung Gajah. Indahnya menikmati samudera awan dari puncak gunung tertinggi di Ponorogo.

Samudera awan gemawan~ by: @vikriazhari

Gunung Gajah ini terletak di Kecamatan Sambit, Ponorogo. Memiliki tinggi sekitar 1200 mdpl, membuat gunung ini layak untuk kamu kunjungi; nggak terlalu tinggi dan terjal. Bahkan, kamu bisa ke sana dengan kendaraan roda dua/empat. Nikmati hamparan awan yang lebih tampak seperti samudra dari puncak Gunung Gajah. Cantik!

Buat kamu yang tertantang untuk mendaki gunung di Ponorogo, cobalah jelajahi Gunung Bayangkaki yang punya empat puncak dengan berbagai mitosnya!

View Bayangkaki dari Gunung Bedes. Berjajar rapi nan cantik.

Gunung ini terletak di desa Temon, kecamatan Sawoo. Yang menjadi unik adalah gunung ini memiliki empat puncak, yakni Ijo, Tuo, Bayangkaki, dan Gentong. Banyak banget loh mitos yang ada di gunung ini. Seperti mitos terbakarnya puncak gentong secara tiba-tiba tanpa sebab, dipercaya sebagai akan datangnya musim penghujan di daerah Sawoo. Masih banyak lagi loh! Berani?

Sebelum meninggalkan Ponorogo, habiskanlah malammu di Gunung Pringgitan. Nikmati cantiknya taburan bintang dan kerlip kota Ponorogo dari puncaknya yang menawan!

View gemintang di puncak Gunung Pringgitan, by: @evyagustyaningsih

Ponorogo memang nggak punya pantai yang melambai, tapi air terjun, bukit, dan gunung yang indah, bisa membuatmu betah di kota ini. Salah satunya yang paling pamungkas adalah Gunung Pringgitan. Gunung ini terletak di desa Caluk, kecamatan Slahung. Kamu bisa menikmati taburan bintang dan kerlip lanskap kota Ponorogo dari puncak bukitnya. Jalannya pun nggak terlalu terjal dan bahaya buat siapapun juga. Safety trekking, ya!

Sewa Mobil Ponorogo | Sewa ELF Ponorogo | Sewa Mobil Bandara Solo ke Ponorogo murah

Ponorogo adalah sebuah daerah di provinsi Jawa Timur. Daerah ini terletak di sebelah barat dari provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya 220 km arah barat daya dari ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya.
Ponorogo di kenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini merupakan daerah asal dari kesenian Reog, tidak hanya keseniannya saja yang terkenal di Ponorogo. Ternyata Ponorogo juga memiliki banyak tempat wisata menarik.

Ponorogo mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian pasti akan lebih menyenangkan.

Berikut 28 daftar Tempat Wisata Terbaik di Ponorogo yang wajib harus anda kunjungi :
1. Gunung Pringgitan
sewa mobil ponorogo
Gunung Pringgitan yang terletak di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) menawarkan sensasi wisata dari ketinggian. Dari Puncak Pringgitan, khususnya pada malam hari, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan panorama Kota Ponorogo. Bukit Pringgitan yang terletak di desa Caluk, kecamatan Slahung. Di sini kita bisa memandangi kota Reog serta bintang-bintang yang bertaburuan. Jangan lupa siapkan jaket tebal untuk mengusir udara dingin. Karena letaknya di tengah Jawa Timur, Ponorogo memang gak punya pantai. Tapi, sejumlah bukit dan gunung bakal bikin kamu terpesona dengan kota ini. Salah satunya, 
2. Gunung Bayangkaki
sewa mobil ponorogo
Bagi anda yang hobi mendaki gunung, anda dapat menuju Gunung Bayangkaki. Gunung ini memiliki 4 puncak antara lain, Puncak Ijo (Gunung Ijo), Puncak Tuo (Gunung Tuo), Puncak Tumpak (Puncak Bayangkaki) dan Puncak Gentong (Gunung Gentong).Dari ke-4 puncak tersebut tentunya anda akan mendapatkan pengalaman dan sensasi yang berbeda, selamat mencoba.
3. Gunung Gajah
sewa mobil ponorogo
Gunung Gajah terletak di Kecamatan Sambit dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Puncaknya tak terlalu sulit dicapai, bisa melalui jalan setapak yang cukup dilewati sepeda motor, meski medannya cukup menantang. Menjamahi puncak-puncak gunung memang sebuah adiksi. Pemandangan matahari terbit dengan awan di bawah kaki kita, ditambah siluet puncak gunung di kejauhan itu bikin deg-degan. Nah, kalau kamu menginginkan pemandangan serupa di Ponorogo, jelajahilah puncak Gunung Gajah.
4. Gunung Bedes
sewa mobil ponorogo
Gunung Bedes merupakan potensi wisata tersebut. Gunung / bukit Bedes berada di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko ini layak dikunjungi karena dari puncaknya kita bisa menikmati alam Ponorogo dari ketinggian. Dari puncaknya juga kita bisa mengabadikan momen melalui kamera dengan spot yang menantang dan view Gunung Bayangkaki.
5. Air terjun widodaren
sewa mobil ponorogo
Air terjun widodaren terletak di Desa Bulu lor Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo 30 menit perjalanan dari alun alun ponorogo ke arah barat menuju Kecamatan Jambon. Air terjun ini sangat indah dan masih dan alami. Untuk bisa maksimal kunjungilah pada saat musim hujan karena debit airnya kecil dimusim panas. Untuk menuju ke spot ini bisa dengan mudah berkendara motor sampai ke parkiran lanjur berjalan kaki. Bila kita liat dari atas air terjun ini atau naik keatas bukit terlihat pemandangan luas dan indah berupa pegunungan dan banyak pepohonan kita bisa bersantai dan menikmati keindahan alam ponorogo.
6. Air Terjun Juruk Klenteng
sewa mobil ponorogo
Air Terjun Juruk Klenteng yang berada di perbatasan antara kabupaten ponorogo dengan kabupaten trenggalek. Dianamakan jenuk klenteng karena lokasinya yang dihimpit oleh dua tibing gunung bebatuan. Selain itu air terjun ini juga dikenal dengan nama air terjun tumpuk, hal ini tentu saja karena lokasinya yang berada di desa tumpuk. Disini anda akan menemui sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter dengan sendang yang airnya terlihat hijau dibawahnya.
7. Air Terjun Pletuk
sewa mobil ponorogo
Air Terjun Pletuk adalah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang berda di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Deburan air yang jatuh menghasilkan buih-buih yang sejuk ditambah pemandangan sekitar air terjun yang hijau membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini. Air terjun bernama Pletuk ini mengalirkan air berwarna kecoklatan yang deras di saat musim penghujan. Berada di kawasan perbukitan yang tingginya sekitar 460 mdpl, kamu bisa menikmati panorama yang segar di sekeliling air terjun.Baca selengkapnya disini :Pesona Baru Air Terjun Pletuk
8. Air Terjun Toyomerto
sewa mobil ponorogo
Air terjun ini berada di Kecamatan Ngebel kurang lebih 5 km dari telaga, tepatnya berada di Dusun Toyomerto Desa Pupus. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter. Jalur menuju ke tempat ini cukup ekstrem. Berkelok-kelok, menanjak, curam dengan tebing di kanan-kirinya. Tapi, kesulitanmu sepadan kok dengan pemandangan yang kamu dapatkan di air terjun ini. Selain destinasi yang masih alami, kamu juga bisa melihat hutan pohon pinus dan kebun kopi di dekat sini.
9. Air Terjun Sunggah
sewa mobil ponorogo
Air Terjun Sunggah  berada di Desa Selur, Kec. Ngrayun, dengan ketinggian 50 m. Tidak jauh dari situ terdapat Watu Semaur, tebing di tengah padang rumput setinggi 125 m untuk panjat tebing. Lokasi Air Terjun ini adalah di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Air yang meluncur deras dari ketinggian, jatuh mengenai bebatuan yang ada di bawahnya menimbulkan suara gemericik air menambah suasana yang asri. Air yang berasal dari pegunungan ini terasa begitu dingin saat disentuh.  Selain dingin, air yang mengalir juga sangat jernih. Tak hanya itu, aliran air terjun Sunggah yang dibawahnya dipenuhi berbagai jenis ikan ini terus mengalir sepanjang tahun.
10. Air Terjun Lawe (Coban Lawe)
sewa mobil ponorogo
Coban adalah sebutan dari air terjun. Coban Lawe adalah air terjun yang berada di Kecamatan Pudak tepatnya berada di Desa Krisik. Coban Lawe berada di tengah hutan yang masih alami dan belum banyak dikunjungi. Air Coban Lawe berasal dari lereng Gunung Wilis dan sangat jernih. Ada beberapa air terjun di sekitar Coban Lawe namun belum tersentuh.
  
11. Telaga Ngebel
Telaga Ngebel adalah danau alami yang terletak di kaki Gunung Wilis. Berada pada ketinggian 734 mdpl, kamu akan dijamu dengan permukaan air berwarna biru dengan udara yang sejuk di antara perbukitan. Dari pusat kota Ponorogo, kamu bisa mencapai tempat ini dengan menempuh jarak sekitar 30 Km atau sekitar 45 menit ke arah Kecamatan Ngebel, bagian utara Kabupaten Ponorogo. Telaga Ngebel sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, telaga yang berada di Kecamatan Ngebel ini menyuguhkan pemandangan telaga yang masih alami. Telaga ini berada kurang lebih 30 km dari arah kota. Setiap tanggal 1 Muharram di telaga ini diselenggarakan Larung Risalah Doa sebagai bagian dari peringatan Grebeg Suro.
12. Kali Keyang

sewa mobil ponorogo


Kali Keyang adalah sebutan dari sungai yang mengalir dari lereng Gunung Wilis melalui Kecamatan Sooko hingga Sungai Madiun. Di aliran sungai ini bisa dijadikan spot memancing alami dengan didukung pemandangan alam sekitar sungai yang indah. Di aliran sungai ini juga nantinya akan di bangun Waduk Bendo yang berada di bawah Gunung Bayangkaki.
13. Goa Lowo

sewa mobil ponorogo


Goa Lowo berada di Lokasi yang cukup sulit diakses mungkin adalah penyebab kenapa goa ini selalu sepi dari kunjungan wisatawan. Lokasi doa berada di area hutan jati dan membutuhkan sedikit usaha untuk sampai ke sana. Kita harus berjalan melewati hutan jati yang becek saat musim penghujan. Goa ini berada di Desa Sampung, Kecamatan Sampung. Sekitar 25 km dari pusat kota Ponorogo. Meski suasananya agak sedikit mistis, mengunjungi goa ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Apalagi untuk kamu yang suka bertualang
14. Goa Maria Fatima


Selain potensi wisata alam, Ponorogo bagian timur juga mempunyai potensi wisata religi. Potensi tersebut antara lain Goa Maria Fatima. Goa Maria Fatima berada di Desa Klepu Kecamatan Sooko merupakan tempat peribadatan umat Katolik. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari Ponorogo dan luar Ponorogo bahkan dari luar Jawa Timur.  Letaknya yang berada dilereng pegunungan dan dibawah hutan pinus membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Sehingga peziarah yang datang ketempat ini merasa betah karena kesejukannya. Di tempat ini juga terdapat sendang (sumber mata air) yang benama Sendang Waluya Jatiningsih.

15. Beji Sirah Keteng


Objek wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono. 
16. Watu Semaur 


Watu Semaur ini terletak dipinggir jalan raya Ngrayun-Jajar tepatnya di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Yakni, sebuah tebing batu besar yang berada di tengah-tengah padang rumput. Tebing batu ini oleh warga setempat kemudian dinamakan Watu Semaur, karena jika ada orang berteriak akan menggema seperti berteriak di dalam gua. Watu Semaur juga sering dimanfaatkan oleh para penghobi olah raga panjat tebing atau climbing. Karena, mempunyai ketinggian sekitar 125 meter, sehingga sangat cocok untuk mengadu nyali menaklukan ketinggian tebing ini. Jika musim kemarau, area di sekitar Watu Semaur sering dijadikan tempat berkemah. Banyak pengunjung yang sengaja berkemah disini untuk menikmati keindahan Watu Semaur sambil panjat tebing.
17. Bukit Pare

Bukit Pare merupakan sebuah Daerah Perbukitan di Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun yang sering digunakan untuk Selfie para Pecinta Petualangan Alam Bebas dan Pecinta Fotografi dimanjakan dengan banyaknya tempat untuk menyaksikan keindahan alam yang masih natural, lokasi tersebut kira-kira 15 Km dari Kantor kecamatan Ngrayun dibutuhkan waktu sekitar 20 Menit perjalanan .
18. Watu Putih

Kata Watu berasal dari bahasa Jawa yang berarti Batu, sedangkan putih adalah warna putih. Dinamakan Watu Putih karena batu ini ada bagian yang berwarna putih. Batu yang berada di tengah rindangnya hutan pinus ini berada di Ds Tanjung Kecamatan Ngrayun Ponorogo, kurang lebih 5 km dari Pusat kecamatan. Dari atas (puncak) Watu Putih bisa dinikmati sajian indahnya alam ciptaan-Nya yang menakjubkan. 
19. Kedung Gamping

Kedung Gamping trletak di Desa Temon Kecamatan Ngrayun tepatnya sebelah Selatan Kantor Polsek Ngrayun. Bagi anda yang suka berenang silahkan menikmati sensasi langsung berenang di alam terbuka.tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tempat wisata ini tetap terjaga dan alam tetap lestari.
20. Tanah Goyang Pudak


Tanah Goyang Pudak terletak didaerah Pudak, disebut tanah goyang karena jika anda kesana tanah disekitarnya seperti bergoyang seperti anda menginjal jelly.  Lokasi tepatnya secara administratif , tanah goyang ini berada di Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo , atau sekitar 45 KM dari pusat kota (tempatnya ini sangat jauhh dari pusat kota bahkan melebihi Ngebel dan Sooko karena memang berada di perbatasan).
21. Hutan Wisata Kucur


Hutan wisata Kucur atau taman wisata Kucur adalah sebuah hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, atau  sekitar 20 km kearah barat dari Kota Ponorogo. Di tengah hutan jati dari taman wisata kucur ini anda akan menemui sebuah sumber air (kucur). Selain itu, hutan wisata kucur ini juga berfungsi sebagai taman nasional dan juga tempat perkemahan.
22. Air Panas Tirto


Sumber air panas ini berada di Dusun Pucuk Desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel. Berada di sebelah selatan Telaga Ngebel kurang lebih 3 km dari pintu masuk telaga. Sungai yang berasal dari rembesan mata air yang saling menyatu membetuk sungai dari lereng gunung Wilis, sungai ini mengalir ke arah kecamatan Pulung, masuk wilayah desa Wagir Lor Ngebel, lokasi ini juga bisa diakses dari kecamatan Pulung. Orang lebih suka berendam pada sore dan malam hari, menurut para pengunjung akan lebih mujarab karena tubuh dalam keadaan rileks, tapi entahlah kebenarnya.

23. Kedung Kenthus 


Kedung Kenthus atau Wisata Air Alami Baru Kabupaten Ponorogo ini terletak di Desa Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, sebuah tempat di pinggiran pegunungan dengan sumber air yang tidak pernah kering walaupun di musim panas. 30 menit dari pusat kota ponorogo ke arah Kecamatan Sumoroto lanjut arah Kecamatan Sampung yg terkenal dengan tambang gamping/kapurnya. Juga terdapat situs bersejarah Goa Lowo yang sudah terkenal. Terdapat aliran sungai unik dari atas keliatan sempit padahal di bawahnya luas mirip seperti gentong yang panjangnya kurang lebih 20 meter, dengan warna air ke hijauan membuat kesan sejuk dan asri, dinding batu yang tidak beraturan berwarna abu abu kekuningan serasa kita berada di luar negeri.
24. Taman Wisata Ngembag


Taman Wisata Ngembag berada di Siman, sekitar 3 km dari pusat kota Ponorogo. Untuk menunjang kegiatan wisata, di taman ini telah tersedia berbagai wahana seperti flying fox, perosotan, ayunan serta berbagai wahana seperti yang kita temui di taman-taman kota pada umumnya. Ada pula sebuah kebun binatang mini yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Tempat ini adalah taman kota yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan wahana bermain, seperti kolam renang, taman bermain, dan kebun binatang mini. Makanya, banyak pengunjung yang membawa serta anak istrinya kemari untuk sekadar refreshing.
25. Perajin Reog di Desa Carat Sumoroto


Kalau ingin tahu lebih detail tentang kesenian Reog Ponorogo, sambangi aja langsung pengrajin yang membuat peralatan kesenian ini. Salah satunya adalah sanggar milik Pak Sarju yang terletak di Desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman. Pak Sarju sudah menekuni pembuatan perlengkapan Reog selama lebih dari 40 tahun. Selain bisa melihat langsung proses pembuatannya, pastinya kamu juga bisa mendapat cerita menarik tentang kehidupan seniman reog.
26. Wisata Ziarah


Ponorogo memiliki banyak tempat serta makam yang banyak dikunjungi para peziarah diantaranya seperti, Makam Bathoro Katong di Desa Setono Kecamatan Jenangan, Astana Srindil Kecamatan Badegan, Makam Merto Hadinegoro Desa Tajug Kecamatan Siman, serta Makam Muhammad Kasan Besari di Desa Tegalsari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.
27. Gita Waterpark


Gita waterpark terletak di Dusun Krajan Kec. Pulung, Kab Ponorogo. Wahana wisata ini mempunyai kolam bertingkat. Kolam yang paling atas adalah khusus ditujukan untuk anak-anak dan yang di bawah kolam untuk orang dewasa. Fasilitas seluncuran telah disediakan pada kolam anak yang pastinya membuat mereka begitu menikmaati dan gembira. Obyek wisata ini menggunakan tema alam dan keindahan panorama pegunungan yang akan membuat setiap wisatawan merasa nyaman dan santai.
28. Kintamani Waterpark


Taman bermain bernuansa air ini punya beberapa wahana yang bisa digunakan untuk bermain-main. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain tempat bermain, di sekitar waterpark ini juga ada sebuah restoran dengan nuasansa pedesaan yang terlihat sederhana namun menyenangkan. Keunikan dari restoran ini adalah letaknya yang berada di atas sebuah danau buatan. Obyek wisata air ini memiliki 2 kolam renang anak dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti seluncuran. Di samping itu, juga terdapat kolam renang dewasa, sarana outbond, Mushola, kamar mandi, dan lain sebagainya.